Tautan-tautan Akses

Direktur ADB Serukan agar AS Terus Jalin Hubungan dengan Asia


Takehiko Nakao, Direktur Bank Pembangunan Asia (ADB) (Foto: dok).

Takehiko Nakao, Direktur Bank Pembangunan Asia (ADB) (Foto: dok).

Takehiko Nakao, Direktur Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apa kebijakan yang akan diberlakukan Trump untuk kawasan Asia.

Direktur Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan, kontak yang berlanjut antara Amerika Serikat di bawah pemerintahan Donald Trump dengan Asia akan bermanfaat bagi Amerika Serikat dan kawasan regional itu.

Takehiko Nakao, yang memulai masa jabatan keduanya sebagai direktur bank pembangunan yang berbasis di Manila itu mengatakan, Kamis (24/11), ada kebutuhan kuat bagi terselenggaranya kesepakatan regional yang membebaskan perdagangan dan investasi meskipun ada ancaman Trump untuk mundur dari Kemitraan Trans-Pasifik yang melibatkan 12 negara.

Nakao mengeluarkan pernyataan itu untuk menanggapi pertanyaan mengenai apa yang akan terjadi jika Trump mengakhiri fokus pemerintahan Amerika Serikat di Asia dan mundur dari TPP, yang disebut Trump “bencana bagi pekerjaan di Amerika.”

Kata Nakao lagi, keterlibatan Amerika di Asia telah mendorong kegiatan ekonomi di kawasan itu dan sekaligus menciptakan stabilitas. Ketika berbicara di markas besar Bank Pembangunan Asia di Manila, Takehiko Nakao berharap Trump tidak akan menarik Amerika keluar dari perjanjian TPP itu.

Tapi, tambahnya, kalaupun Amerika tidak mau ikut dan memutuskan untuk keluar dari TPP, “ada banyak pilihan lainnya,” seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif yang didukung China. Menurut Nakao, kedua kemitraan perdagangan regional itu bisa terus maju walaupun TPP gagal. Direktur Bank Pembangunan Asia itu mengatakan perdagangan bebas telah mendorong pembangunan ekonomi di Asia dalam puluhan tahun terakhir.

Sementara para pengecam TPP mengatakan, keluarnya Amerika dari TPP tidak akan banyak artinya, tapi akan menunjukkan bahwa Amerika telah melepaskan kepemimpinannya di kawasan Asia dan Pasifik.

Nakao mengatakan, keterlibatan Amerika di Asia telah mendongkrak pembangunan dan stabilitas ekonomi di kawasan itu. Fakta itu, katanya, baik bagi Asia secara keseluruhan dan juga memberi manfaat bagi Amerika Serikat.

Direktur ADB itu mengatakan, masih terlalu dini untuk mengetahui apa kebijakan yang akan diberlakukan Trump. Namun Nakao menegaskan, membiarkan perdagangan dan investasi terbuka merupakan kunci pertumbuhan ekonomi yang berlanjut. [ab/uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG