Tautan-tautan Akses

Menlu India dan Pakistan Langsungkan Pembicaraan


Menlu India Subrahmanyan Jaishankar (kiri) bersama Menlu Pakistan Aizaz Chaudhry di Islamabad, Pakistan (3/3).

Menlu India Subrahmanyan Jaishankar (kiri) bersama Menlu Pakistan Aizaz Chaudhry di Islamabad, Pakistan (3/3).

Menlu India Subrahmanyan Jaishankar bertemu Menlu Pakistan, Aizaz Chaudhry di kantor kementerian luar negeri Pakistan di Islamabad, Selasa pagi (3/3).

Menlu India bertemu sejawatnya dari Pakistan hari Selasa (3/3) di Islamabad, untuk melangsungkan pembicaraan tingkat tinggi pertama sejak hubungan kedua negara tetangga yang bersaingan itu terputus tahun lalu.

Gambar-gambar menunjukkan, Menlu India Subrahmanyan Jaishankar dan Menlu Pakistan Aizaz Chaudhry saling tersenyum saat berjabatan tangan dan berbicara, dengan diiringi delegasi dari masing-masing negara.

Jaishankar juga diperkirakan akan bertemu dengan Sartaj Aziz, penasehat urusan luar negeri dan keamanan nasional bagi PM Pakistan Nawaz Sharif.

India dan Pakistan tadinya dijadwalkan melangsungkan pembicaraan Agustus lalu, namun India membatalkan pertemuan itu dengan alasan Dubes Pakistan untuk India bertemu para separatis Kashmir.

Ketegangan belakangan meningkat menyusul bentrokan militer antara kedua negara di Kashmir, sebuah kawasan yang sebelumnya menjadi penyebab dua perang antara India dan Pakistan.

Pakistan dan India telah berperang tiga kali sejak kedua negara itu merdeka dari Inggris tahun 1947. Keduanya telah lama berusaha menjembatani perbedaan mereka, tetapi tidak banyak kemajuan dicapai.

PM Pakistan Nawaz Sharif menghadiri upacara pelantikan PM Narendra Modi bulan Mei tahun lalu, menunjukkan adanya kemajuan.

Tetapi pada bulan Agustus, India membatalkan perundingan dengan Pakistan setelah dutabesar Islamabad di New Delhi bertemu dengan para pemimpin separatis Kashmir. Lawatan yang sekarang ini diumumkan bulan lalu.

XS
SM
MD
LG