Tautan-tautan Akses

Diplomat China di Vietnam untuk Bahas Laut China Selatan


Seorang diplomat senior China Yang Jiechi (kiri) tiba di Hanoi, Vietnam hari Selasa (17/6).

Seorang diplomat senior China Yang Jiechi (kiri) tiba di Hanoi, Vietnam hari Selasa (17/6).

Konselor China, Yang Jiechi dijadwalkan mengadakan perundingan hari Rabu (18/6) dengan Menlu Vietnam Pham Binh Minh.

Seorang diplomat senior China tiba di Vietnam hari Selasa (17/6) untuk melakukan pertemuan tingkat tinggi pertama antara kedua negara sejak China membangun anjungan pengebor minyak di perairan yang dipertentangkan di Laut China Selatan bulan lalu.

Konselor China, Yang Jiechi dijadwalkan untuk mengadakan perundingan hari Rabu dengan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh. Ia juga diperkirakan akan bertemu dengan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Vietnam Le Hai Binh sebelumnya mengatakan Yang dan Minh akan membahas anjungan pengebor minyak itu jika mereka bertemu dalam cara bilateral tahunan yang dihadiri Yang Jienchi.

Juru bicara kementrian luar negeri China hari Selasa mengatakan “Yang akan bertukar pandangan secara mendalam dengan pihak Vietnam mengenai isu-isu terkait yang menjadi keprihatinan bersama.

Kunjungan Yang adalah pertemuan tingkat paling tinggi antara kedua pemerintah sejak anjungan itu dibangun 1 Mei yang memicu kerusuhan anti China di Vietnam yang menewaskan sekurangnya lima orang dan mencederai ratusan lebih.
XS
SM
MD
LG