Tautan-tautan Akses

Diplomat AS Temui Presiden dan Pendukung Oposisi Ukraina


Wakil Menlu AS Victoria Nuland saat mengunjungi Kyiv, Ukraina, 10 Desember 2013 (Foto: dok).

Wakil Menlu AS Victoria Nuland saat mengunjungi Kyiv, Ukraina, 10 Desember 2013 (Foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Victoria Nuland dijadwalkan akan berada di Ukraina, Kamis (6/2), untuk melangsungkan pembicaraan dengan Presiden Viktor Yanukovych dan dengan para pendukung oposisi politik.

Lawatan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Victoria Nuland berlangsung satu hari, setelah Kepala Kebijakan Uni Eropa Catherine Ashton mengunjungi ibukota Ukraina, Kyiv, sementara demonstrasi anti pemerintah terus berlanjut.

Keputusan Presiden Yanukovych untuk mundur dari kesepakatan dagang dengan Uni Eropa dan malah memilih untuk meningkatkan hubungan dengan Rusia, menimbulkan demonstrasi politik selama beberapa pekan. Demonstrasi berubah menjadi kekerasan bulan lalu, ketika demonstran bentrok dengan polisi. Beberapa orang tewas dalam bentrokan itu.

Sementara itu, Rusia telah menawarkan Ukraina paket bantuan keuangan sebesar 15 miliar dolar untuk membantu Ukraina mengatasi kesulitan ekonominya, namun bantuan itu sejauh ini belum dikeluarkan. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, dana itu tidak akan diberikan sepenuhnya sebelum pemerintah baru terbentuk di Kyiv.
XS
SM
MD
LG