Tautan-tautan Akses

Diplomat AS, Rusia Berupaya Redakan Ketegangan Akibat Krisis di Ukraina


Menlu AS John Kerry dan Menlu Rusia Sergey Lavrov, dalam pertemuan di Paris, 5 Juni 2014 (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry dan Menlu Rusia Sergey Lavrov, dalam pertemuan di Paris, 5 Juni 2014 (Foto: dok).

Dengan sanksi-sanksi ekonomi yang mulai menggigit di Rusia, Presiden Vladimir Putin akan bertolak ke Milan, Italia, untuk berunding dengan presiden Ukraina dan para pemimpin Uni Eropa menjelang akhir pekan ini.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov bertemu hari Selasa (14/10) di Paris, berharap mencari cara memulai meredakan ketegangan yang berpangkal dari perang saudara di Ukraina.

Formula untuk memperbaiki hubungan, sederhana saja, yaitu memperlonggar sanksi-sanksi negara-negara Barat terhadap Rusia, sebagai pertukaran diakhirinya tindakan Rusia mengguncang tetangganya itu. Untuk mencapai sasaran tersebut ternyata tidak gampang, akan tetapi ada alasan untuk optimistis.

Sebagian besar pasukan Rusia tampaknya telah meninggalkan lokasi pertempuran paling sengit antara pasukan pemerintah Ukraina dan pemberontak separatis, menurut para pejabat militer Ukraina. Selain itu, dengan sanksi-sanksi ekonomi yang mulai menggigit di Rusia, Presiden Vladimir Putin akan bertolak ke Milan, Italia, untuk berunding dengan presiden Ukraina dan para pemimpin Uni Eropa menjelang akhir pekan ini.

XS
SM
MD
LG