Tautan-tautan Akses

AS

Dipecat Karena Lakukan Inseminasi Buatan, Guru di AS Dapat Ganti Rugi


Seorang guru sekolah Katolik di AS dipecat karena dianggap melanggar klausul kontrak bahwa ia akan mematuhi moralitas Katolik, yang melarang penggunaan inseminasi buatan. (Foto: Ilustrasi)

Seorang guru sekolah Katolik di AS dipecat karena dianggap melanggar klausul kontrak bahwa ia akan mematuhi moralitas Katolik, yang melarang penggunaan inseminasi buatan. (Foto: Ilustrasi)

Seorang guru sekolah Katolik di negara bagian Ohio mendapat ganti rugi US$171.000 setelah dipecat karena melakukan inseminasi buatan.

Seorang guru sekolah Katolik, yang dipecat oleh Keuskupan Cincinnati setelah hamil lewat program inseminasi buatan, mendapat ganti rugi US$171.000, Senin (3/6), berdasarkan keputusan juri pengadilan federal bahwa ia adalah korban pelanggaran undang-undang anti-diskriminasi.

Juri Pengadilan Distrik di Cincinnati menganugerahkan Christa Dias ganti rugi $71.000 atas hilangnya gaji dan tekanan emosional, dan memerintahkan keuskupan membayarnya $100.000 sebagai hukuman.

Pada 2010, keuskupan memecat Dias, yang mengajar pemrograman komputer di dua sekolah, karena dianggap melanggar klausul kontrak bahwa ia akan mematuhi moralitas Katolik, yang melarang penggunaan inseminasi buatan.

Robert Klingler, pengacara Dias, mengatakan keuskupan memecatnya karena hamil di luar nikah, yang merupakan pelanggaran undang-undang federal yang melarang pemberi kerja memecat pekerja karena hamil.

“Juri memutuskan bahwa undang-undang federal ada di atas aturan kontrak,” ujar Klingler. “Hak-hak penanda tangan kontrak dilindungi undang-undang.”

Klingler awalnya meminta pengadilan memberi Dias kompensasi sebesar $600.000.

"Kami kecewa, namun ini keputusan yang sangat kompleks dan kami harus mempelajarinya sebelum memutuskan akan naik banding,” ujar Dan Andriacco, juru bicara keuskupan.

Andriacco mengatakan keuskupan telah seringkali memecat pekerja karena melanggar kontrak moralitas, termasuk kehamilan di luar nikah.

"Ini bukan kasus yang langka. Yang langka adalah mendapat tuntutan karenanya,” ujarnya. (Reuters/Bob Driehaus)
XS
SM
MD
LG