Tautan-tautan Akses

AS

Dinas Rahasia AS Disorot Akibat Penyusup Gedung Putih


Para petugas Dinas Rahasia di bagian utara Gedung Putih di Washington, D.C. (20/9). (AP/Susan Walsh)

Para petugas Dinas Rahasia di bagian utara Gedung Putih di Washington, D.C. (20/9). (AP/Susan Walsh)

Dinas Rahasia mengatakan mereka akan mengkaji tanggapan atas insiden tersebut, yang memicu evakuasi yang jarang terjadi di beberapa bagian Gedung Putih.

Kemampuan Dinas Rahasia Amerika dalam melindungi presiden dan keluarganya menjadi sorotan setelah seorang laki-laki Jumat malam (19/9) memanjat pagar dan masuk ke Gedung Putih, sebelum akhirnya ditangkap.

Presiden Barack Obama dan kedua putrinya baru saja meninggalkan Gedung Putih dengan helikopter ketika penerobos tidak bersenjata itu memanjat pagar sebelah utara, lari melintasi halaman rumput dan memasuki kediaman presiden itu.

Seorang pejabat Dinas Rahasia mengatakan mereka akan mengkaji tanggapan atas insiden tersebut, yang memicu evakuasi yang jarang terjadi di beberapa bagian Gedung Putih.

Dinas Rahasia mengatakan tersangka adalah Omas Gonzalez, 42, dari negara bagian Texas. Mereka mengatakan Gonzalez saat itu tidak bersenjata dan lalu dibawa ke sebuah rumah sakit di Washington karena mengeluh sakit dada.

Ini bukan pertama kalinya orang memanjat pagar Gedung Putih, tetapi belum pernah ada laporan orang berhasil masuk. Minggu lalu pada 11 September – pada peringatan serangan teror 2001 di Amerika – seorang pria lain memanjat pagar itu dan langsung ditahan.

Salah satu hal yang menyulitkan pengamanan kompleks Gedung Putih adalah karena jalan tepat di bagian depannya bisa diakses publik. Turis bisa mendekat hingga gerbang di Jalan Pennsylvania untuk melihat gedung itu dan berfoto di depannya.

Jalan itu sebelumnya juga terbuka untuk kendaraan, tetapi dibatasi untuk pejalan kaki setelah serangan bom di kota Oklahoma pada 1995.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG