Tautan-tautan Akses

Mantan Pemimpin Diktator Militer Uruguay Meninggal Dunia


Mantan diktator militer Uruguay, Jenderal Gregorio Alvarez, meninggal dunia, Rabu (28/12).

Mantan diktator militer Uruguay, Jenderal Gregorio Alvarez, meninggal dunia, Rabu (28/12).

Dinas Kesehatan Militer Amerika Selatan melaporkan bahwa diktator militer terakhir di negara Amerika Selatan, Uruguay, Jenderal Gregorio Alvarez, meninggal dunia hari Rabu (2812) pada usia 91 tahun.

Alvarez, pemimpin terakhir kediktatoran kejam Uruguay tahun 1970-an dan 1980-an, meninggal dunia ketika sedang menjalani hukuman penjara 25 tahun atas pelanggaran hak azasi manusia yang dilakukan pada masa berlangsungnya kekuasaan kediktatoran di negara tersebut.

Ia meninggal dunia di rumah sakit militer di ibukota Montevideo, lokasinya setelah dipindahkan dua pekan lalu untuk perawatan masalah pernafasan dan kepikunannya.

Alvarez, yang ayahnya juga seorang jenderal, membantu memimpin kudeta tahun 1973 yang menegakkan pemerintahan militer yang berkuasa di Uruguay dari tahun 1981 hingga 1985.

Ia dengan cepat naik pangkat dalam kemiliteran, dan menjadi panglima angkatan darat tahun 1978 dan akhirnya memangku jabatan presiden tahun 1981.

Di bawah kepemimpinan Alvarez, Uruguay adalah anggota aliansi rahasia kediktatoran Amerika Selatan yang saling bekerjasama dan menindas para pengecam pemerintah.

Rejimnya bertanggung jawab atas pembunuhan, penyiksaan dan pemenjaraan ribuan orang di Uruguay. Sekitar 6.000 orang dipenjarakan karena alasan politik. Sedikitnya 230 orang yang diculik oleh rejim itu dengan kerjasama kediktatoran Amerika Selatan lainnya yang masih hilang dan dianggap meninggal, menurut laporan Komisi Perdamaian. [gp]

XS
SM
MD
LG