Tautan-tautan Akses

Dikira Tak Berharga, Komputer “Apple” yang Dibuang Ternyata Bernilai 200 Ribu Dolar


Komputer vintage Apple 1 (Foto: dok.)

Komputer vintage Apple 1 (Foto: dok.)

Sesuatu yang bagi seseorang merupakan sampah, bisa jadi barang berharga bagi orang lain. Demikian pepatah yang tampaknya berlaku dalam kasus ini.

Sebuah pusat daur ulang di Silicon Valley kini mencari seorang perempuan yang membuang komputer Apple tua, yang ternyata merupakan barang koleksi berharga bernilai 200 ribu dolar. Perempuan ini menemukan sebuah komputer tua milik mendiang suaminya ketika sedang membersihkan garasi dan menyerahkannya ke pusat daur ulang di Clean Bay Area, tanpa meminta kuitansi penyerahan barang atau meninggalkan informasi dirinya. Para pekerja di pusat daur ulang itu baru memeriksa boks yang diserahkan perempuan itu beberapa bulan kemudian dan mendapati bahwa komputer tua yang dinilai tidak berharga itu ternyata komputer Apple-I.

The San Jose Mercury News, sebagaimana dikutip Associated Press, melaporkan komputer Apple-I adalah salah satu dari 200 komputer generasi pertama yang dirancang langsung oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ron Wayne tahun 1976.

Pusat daur ulang itu menjual komputer berharga itu kepada seorang kolektor seharga 200 ribu dolar dan karena perusahaan itu memiliki kebijakan untuk memberikan 50% nilai barang yang berhasil terjual kepada pemilik semula, maka pusat daur ulang itu kini mencari perempuan tersebut.

Petugas di pusat daur ulang itu mengatakan masih mengingat wajah dan penampilan perempuan tersebut, dan kini mengumumkan kepada media agar perempuan itu kembali untuk menerima cek sebesar 100 ribu dolar hasil penjualan komputer tuanya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG