Tautan-tautan Akses

Dikecam Karena Pernyataan Politiknya, Ratu Kecantikan Thailand Mundur


Miss Universe Thailand Weluree Ditsayabut, 22, berbicara dalam konferensi pers di Bangkok (9/6).

Miss Universe Thailand Weluree Ditsayabut, 22, berbicara dalam konferensi pers di Bangkok (9/6).

Weluree Ditsayabut menggunakan media sosial untuk menyerukan eksekusi kelompok "Kaos Merah" atau pendukung mantan perdana menteri Shinawatra bersaudara.

Miss Universe Thailand, Weluree “Fai” Ditsayabut, telah mengembalikan gelarnya menyusul pernyataan-pernyataan yang ia buat di media sosial yang menyerukan eksekusi kelompok "Kaos Merah" atau pendukung mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra dan abangnya, mantan pemimpin yang mengasingkan diri Thaksin Shinawatra.

Weluree menaruh pernyataan tersebut di Facebook, berbulan-bulan sebelum dinyatakan pemenang lomba kecantikan tersebut, namun pernyataan-pernyataan itu muncul baru-baru ini saja, memancing kemarahan di dunia maya.

Sambil berlinang air mata, Weluree mengatakan pada para wartawan di Bangkok Senin (9/6) bahwa ia mengundurkan diri karena tidak tahan dengan komentar-komentar kejam yang diarahkan padanya di Facebook dan Twitter, yang banyak diantaranya juga mengkritik penampilannya.

Pernyataan-pernyataan anti-Kaos Merah itu dibuat sebelum angkatan darat melakukan kudeta bulan lalu untuk menyingkirkan pemerintah sementara negara itu.

Penyelenggara Miss Universe Thailand mengatakan mereka mungkin tidak akan membuat pemenang kedua Pimbongkod “Ellie” Chankaew menggantikan Weluree. Alasannya, foto-foto yang memperlihatkan dirinya mencium seorang pria telah muncul di Internet.
XS
SM
MD
LG