Tautan-tautan Akses

Diduga Korupsi, Ketua DPR Brazil Hadapi Penyelidikan Etika


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Brazil Eduardo Cunha dalam sebuah konferensi pers di Brasilia, Brazil. (Foto: Dok)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Brazil Eduardo Cunha dalam sebuah konferensi pers di Brasilia, Brazil. (Foto: Dok)

Dewan itu memilih melakukan penyelidikan tuduhan bahwa Eduardo Cunha berbohong kepada Kongres atas penggunaan rekening bank rahasia di Swiss.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Brazil secara resmi diberitahu hari Senin (7/3) bahwa ia akan menghadapi penyelidikan Dewan Etika Kongres, yang memberinya 10 hari untuk menyampaikan pembelaan tertulis.

Dewan itu Rabu lalu memilih melakukan penyelidikan tuduhan bahwa Eduardo Cunha berbohong kepada Kongres atas penggunaan rekening bank rahasia di Swiss, tetapi sampai kini ketua DPR Brazil itu tidak bersedia menerima pemberitahuan itu dengan alasan ia sibuk dengan berbagai pertemuan.

Cunha memberitahu penyidik Kongres Maret lalu bahwa ia tidak punya rekening bank di luar negeri, tetapi pemerintah Swiss lalu mengungkap, Cunha, istri dan putrinya semua punya rekening di Swiss. Cunha menegaskan, ia penerima hasilnya tetapi bukan rekening pribadi.

Cunha juga menghadapi tuduhan korupsi, penggelapan pajak dan pencucian uang di Mahkamah Agung Brasil atas tuduhan uang suap US$5 juta sebagai bagian skema pembayaran kembali terkait Petrobras, perusahaan minyak milik negara.

Walaupun beberapa politisi berulangkali memintanya mundur dari ketua DPR, sementara penyelidikan berlangsung, Cunha menegaskan, ia tidak merasa perlu melakukannya. [ka/al]

XS
SM
MD
LG