Tautan-tautan Akses

Diduga Bawa Senjata untuk Suriah, Turki Cegat Truk dari Iran


Menteri luar negeri Turki Ahmet Davutoglu mengukuhkan dicegatnya truk berisi senjata dari Iran (5/8).

Menteri luar negeri Turki Ahmet Davutoglu mengukuhkan dicegatnya truk berisi senjata dari Iran (5/8).

Menlu Turki Ahmet Davutoglu mengukuhkan laporan bahwa satu truk berisi senjata dihentikan di kota Kilis, dekat perbatasan Suriah.

Menteri luar negeri Turki mengatakan pihak berwenang negara itu telah mencegat pengiriman senjata dari Iran yang ditujukan ke Suriah.

Hari Jumat, Ahmet Davutoglu mengukuhkan laporan Jerman bahwa satu truk berisi senjata dihentikan di kota Kilis, dekat perbatasan dengan Suriah. Davutoglu mengatakan penyelidikan sedang dilakukan. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

Laporan hari Kamis dalam harian Jerman Süddeutsche Zeitung mengutip sumber diplomatik yang mengatakan senjata tersebut kemungkinan besar ditujukan kepada milisi Hizbullah di Lebanon.

Belum ada reaksi segera dari Iran. Juga tidak jelas kapan senjata itu dicegat.

Bulan Maret, Ankara memberitahu Dewan Keamanan PBB bahwa Turki menemukan senjata dan amunisi di dalam pesawat kargo Iran yang menuju Suriah. Pemerintah Turki memerintahkan pesawat itu untuk mendarat di Turki timur atas dasar kecurigaan pesawat itu membawa senjata. Kargo itu mencakup peluncur roket, mortir, senapan, bahan peledak dan amunisi.

Pengiriman senjata merupakan pelanggaran resolusi PBB yang melarang Iran mengekspor senjata.

Turki telah memaksa pesawat Iran lainnya mendarat untuk diperiksa beberapa hari sebelumnya, tapi tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan.

XS
SM
MD
LG