Tautan-tautan Akses

AS

Diana Nyad Selesaikan Berenang dari Kuba ke Amerika


Diana Nyad dipeluk warga AS yang menunggunya di Pantai Key West, Florida setelah menyelesaikan renang dari Kuba ke Florida (2/9).

Diana Nyad dipeluk warga AS yang menunggunya di Pantai Key West, Florida setelah menyelesaikan renang dari Kuba ke Florida (2/9).

Diana Nyad, 64 tahun, menjadi orang pertama yang berenang di perairan berbahaya antara Kuba dan Amerika tanpa kerangkeng pelindung serangan hiu.

Perenang jarak jauh Amerika Diana Nyad menjadi orang pertama yang berenang di perairan berbahaya antara Kuba dan Amerika tanpa dilindungi oleh kerangkeng pencegah serangan hiu.

Nyad usia 64 tahun menyelesaikan upayanya yang kelima dan terakhir berenang sejauh 177 kilometer dari Havana, Kuba ke negara bagian Florida, Amerika dengan berjalan ke pantai mengepalkan tangannya hari Senin setelah berenang selama 53 jam.

Ia tampak kelelahan dengan kulit terbakar dan bibir membengkak. Setibanya di pantai Nyad dibaringkan dan mendapat perawatan medis termasuk infus.

Ratusan orang berkumpul di pantai menyambut Nyad ketika ia hampir menyelesaikan impiannya. Ia pertama kali berusaha untuk berenang dari Kuba ke Amerika tahun 1978. Upaya sebelumnya sejak 2010 gagal karena ia kelelahan, diserang oleh ubur-ubur beracun dan badai.

Sebelum ia terjun ke laut hari Sabtu, Nyad mengatakan ia percaya diri meskipun takut.

Pada upaya kali ini, Nyad mengenakan topeng muka dan baju renang seluruh badan, sarung tangan dan sepatu yang didesain khusus untuk mencegah serangan ubur-ubur.

Perenang Australia Susan Maroney dengan pengaman kerangkeng hiu menyelesaikan renang melalui selat Florida itu sewaktu ia berusia 22 tahun.
XS
SM
MD
LG