Tautan-tautan Akses

Di Tengah Ancaman ISIS, Turki Perketat Keamanan untuk KTT G20


Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada media di Istanbul mengenai persiapan KTT G20, Jumat (13/11).

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada media di Istanbul mengenai persiapan KTT G20, Jumat (13/11).

Sekitar 12.000 tentara dan polisi akan ditempatkan untuk pengamanan KTT G20, yang dilangsungkan di dekat kota pesisir Antalya, Turki mulai hari Minggu (15/11).

Ditengah ancaman militan ISIS, Turki menerapkan langkah-langkah keamanan yang belum pernah terjadi untuk pertemuan kepala-kepala negara G20 di dekat kota pesisir Antalya mulai hari Minggu (15/11).

Sekitar 12.000 tentara dan polisi akan ditempatkan untuk pengamanan. Militer Turki mengatakan sistem pertahanan udara akan disiagakan selama 24 jam guna mencegah kemungkinan serangan rudal atau pesawat tanpa awak.

Sekitar 13.000 delegasi dan pejabat-pejabat dari negara-negara anggota, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan para pemimpin dunia lainnya, akan menghadiri KTT yang diselenggarakan di Regnum Carya Golf and Spa Resort dan Convention Center.

Gedung Putih pekan ini mengatakan perang melawan ISIS akan menjadi topik utama diskusi di sela-sela KTT tersebut.

Setidaknya 30 dari 46 hotel di daerah itu telah ditetapkan sebagai bagian dari zona KTT. Hotel-hotel itu dilengkapi kaca anti-peluru dan hanya akan bisa didatangi anggota delegasi negara, wartawan dan petugas-petugas.

Karena masalah keamanan, Gedung Putih belum mengumumkan di mana Presiden Obama akan tinggal. Tetapi media Turki melaporkan, dan satu sumber di Turki mengatakan kepada VOA, Presiden Obama mungkin akan tinggal dalam kapal militer Amerika di Laut Tengah. Menurut laporan berita Turki, helikopter akan menjemput Presiden Obama dari kapal dan membawanya ke lokasi KTT.

Seorang pimpinan partai oposisi utama Turki, Gursel Tekin, mengecam kemungkinan Obama tinggal dalam kapal militer selama KTT. Tetapi analis keamanan, Ian Lesser, mengatakan Presiden Obama tidak akan menghadiri KTT G20 di Turki jika ia mengkhawatirkan keamanan.

G-20 terdiri atas 19 negara dan Uni Eropa. Anggota G-20 mewakili 85 persen produk nasional bruto dunia. Tahun ini, enam negara tambahan diundang sebagai tamu. [ka]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG