Tautan-tautan Akses

AS

Di Pennsylvania, Heroin Mudah Didapat dan Murah


Pengguna narkoba menyuntikkan heroin ke tangannya.

Pengguna narkoba menyuntikkan heroin ke tangannya.

Pennsylvania dekat dengan pusat-pusat peredaran narkoba dan menjadi pengedar merupakan pilihan karir yang menjanjikan bagi mereka yang berprospek ekonomi rendah.

Anak-anak muda di pedesaan Pennsylvania dapat membeli heroin lebih mudah dibandingkan membeli sebotol anggur dan harga zat terlarang itu bisa lebih murah dibandingkan enam kaleng bir, menurut sebuah laporan investigatif yang dipublikasikan Selsa (23/9).

Jumlah kematian akibat overdosis terus meningkat sejak 1990, ketika kematian karena narkoba di daerah pedesaan negara bagian tersebut mencapai satu per 100.000 penduduk. Pada 2011, angka itu melesat menjadi 13 kematian per 100.000, menurut laporan Center for Rural Pennsylvania.

"Heroin lebih murah dan lebih mudah didapat oleh anak-anak muda dibandingkan alkohol," ujar Senator Gene Yaw dari Partai Republik yang juga mengepalai lembaga tersebut, sebuah badan legislatif lokal gabungan.

Pennsylvania tidak sendiri dalam menghadapi masalah heroin ini. Di pedesaan Vermont, Gubernur Peter Shumlin mengatakan negara bagiannya mengalami "krisis besar heroin," ketika tingkat overdosis di New York City juga melonjak, terutama di daerah-daerah yang penduduknya makmur.

Di Pennsylvania, Yaw mengatakan sebungkus kecil heroin berharga antara US45 dan $10 dan bertahan empat sampai lima jam.

Laporan tersebut, berdasarkan atas bukti-bukti yang diberikan dalam sidang dengar pendapat di seluruh negara bagian musim panas ini, memasukkan Cambria County di Pennsylvania tengah sebagai tempat dengan tingkat kematian overdosis narkoba tertinggi di luar Philadelphia, yaitu 22,6 kematian per 100.000 penduduk. Hal itu sama dengan tngkat kematian akibat narkoba di Philadelphia, menurut laporan tersebut.

Yaw mengatakan bahwa tingkat kematian akibat narkoba di Cambria County tidak disebabkan oleh faktor khusus tertentu, namun Bryan Barbin, anggota legislatif dari Partai Demokrat, tidak merasa yakin.

Barbin mengatakan Johnstown mudah diakses dari pusat-pusat peredaran narkoba seperti Baltimore. Berjualan heroin merupakan pilihan karir yang menarik bagi mereka dengan prospek ekonomi rendah, ujarnya, terutama mereka dengan catatan-catatan kejahatan narkoba.

Laporan tersebut menyerukan sejumlah aksi legislatif, termasuk memudahkan penjatuhan hukuman untuk para pengedar yang pembelinya tewas karena overdosis, dan aturan yang disebut "Good Samaritan" yang menjamin orang-orang yang mencari pertolongan untuk para korban overdosis tidak akan mendapat tuduhan kriminal.

Menjebloskan lebih banyak pecandu narkoba ke penjara tidak akan menyelesaikan masalah, menurut laporan tersebut.

Anggota legislatif dari Partai Demokrat, Richard Marabito, mengatkaan Pennsylvania memiliki 760.000 warga dengan masalah kecanduan, namun hanya 52.000 diantaranya yang menerima perawatan. Hanya satu dari delapan pecandu dapat dibantu dengan sumber daya yang ada saat ini, menurut laporan tersebut. (Reuters)

XS
SM
MD
LG