Tautan-tautan Akses

Dewan Transisi Nasional Libya: Seorang Putera Gaddafi Tertangkap di Sirte


Para pejuang NTC Libya di Sirte dilaporkan telah menangkap salah seorang putera Gaddafi, Mutassim Gaddafi (12/10).

Para pejuang NTC Libya di Sirte dilaporkan telah menangkap salah seorang putera Gaddafi, Mutassim Gaddafi (12/10).

Mutassim Gaddafi yang ditangkap di Sirte hari Rabu, telah dibawa ke Benghazi timur di mana pihak berwenang menginterogasinya.

Pemerintah sementara Libya mengatakan Mutassim, salah seorang putera Moammar Gaddafi, telah ditangkap di kota pelabuhan Sirte.

Para pejabat Dewan Transisi Nasional NTC hari Rabu mengatakan Mutassim Gaddafi yang ditangkap telah dibawa ke Benghazi timur di mana pihak berwenang menginterogasinya. Mereka tidak memberikan rincian tambahan apapun.

Awalnya para pejuang anti-Gaddafi mengatakan mereka menguasai lebih dari 80 persen kota Sirte, kota kelahiran Gaddafi. Namun para pejabat mengatakan mereka masih menghadapi perlawanan kuat dari para pendukung Gaddafi yang menduduki kantung-kantung kota pesisir itu.

Pasukan NTC telah membuat kemajuan signifikan di Sirte dalam beberapa hari terakhir ini. Mereka menguasai markas-markas polisi di kota itu pada hari Selasa.

Beberapa hari sebelumnya, para pejuang berhasil menguasai rumah sakit utama, universitas dan pusat pertemuan yang biasanya digunakan kelompok yang setia kepada Gaddafi sebagai markas utama operasi mereka.

Para pejabat NTC mengatakan pendudukan kota Sirte membuat mereka bisa mendeklarasikan kebebasan Libya, karena hal ini berarti pemerintah sementara telah menguasai semua pelabuhan Libya.

XS
SM
MD
LG