Tautan-tautan Akses

Dewan Penasihat Raja Saudi Rekomendasikan Cabut Larangan Mengemudi


Seorang perempuan mengemudikan mobil di Arab Saudi (Foto: dok).

Seorang perempuan mengemudikan mobil di Arab Saudi (Foto: dok).

Seorang anggota dewan penasehat Raja Saudi memberi rekomendasi agar pemerintah mencabut larangan perempuan mengemudi.

Walau terbatas untuk perempuan berusia di atas 30, yang menjelang pukul 8 malam sudah tidak boleh lagi ada di jalan, dan pada saat mengemudi tidak boleh memakai riasan wajah, peraturan ini tetaplah perubahan yang mengejutkan.

Kepada kantor berita The Associated Press, Jumat (7/11), seorang anggota dewan penasehat Raja Saudi memberi rekomendasi agar pemerintah mencabut larangan perempuan mengemudi.

Rekomendasi Dewan Syura tidak wajib diterapkan pemerintah, tetapi menerapkan rekomendasi itu adalah langkah besar setelah bertahun-tahun kerajaan Saudi kukuh menolak peninjauan ulang terhadap larangan tersebut.

Selama ini terjadi protes kecil tetapi semakin berani dilakukan perempuan Arab dengan sengaja mengemudi dalam setahun ini. Larangan mengemudi, yang unik di dunia, diberlakukan karena ulama Muslim yang ultrakonservatif di kerajaan itu mengatakan “kebejatan'' akan meluas jika perempuan mengemudi.

Anggota dewan tersebut menyatakan Dewan Syura memberi rekomendasi itu secara rahasia, dalam sidang tertutup bulan lalu. Anggota itu berbicara tanpa mau disebut namanya karena rekomendasi itu belum disampaikan secara terbuka.

XS
SM
MD
LG