Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Dukung Penyelesaian Konflik di Suriah


Duta Besar Rusia di PBB Vitaly Churkin di Markas Besar PBB di New York.

Duta Besar Rusia di PBB Vitaly Churkin di Markas Besar PBB di New York.

Rancangan pernyataan Dewan Keamanan PBB ini dikatakan akan menjadi dokumen politik pertama mengenai krisis Suriah yang disepakati dengan suara bulat.

Rancangan pernyataan Dewan Keamanan PBB dengan kuat mendukung pembicaraan persiapan yang gencar mengenai masalah-masalah utama untuk memulihkan perdamaian di Suriah yang dilanda konflik, termasuk transisi politik dan memerangi terorisme.

Para diplomat PBB mengatakan hari Selasa (11/8) bahwa batas waktu tengah hari Rabu telah ditetapkan oleh para anggota Dewan untuk mengemukakan keberatan terhadap rancangan pernyataan presiden itu, yang diperoleh kantor bicara Associated Press. Mereka berbicara dengan syarat nama mereka tidak disebut karena perembukan itu adalah tertutup.

Duta Besar Rusia di PBB Vitaly Churkin mengatakan kepada para wartawan hari Jumat ada kemungkinan yang kuat bahwa Dewan, yang sangat terpecah mengenai Suriah, akan mendukung rencana baru utusan khusus PBB, Staffan de Mistura, yang bertujuan untuk menyiapkan pembicaraan perdamaian.

Churkin mengatakan “itu akan menjadi dokumen politik pertama mengenai krisis Suriah yang disepakati dengan suara bulat.”

XS
SM
MD
LG