Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB akan Bahas Permohonan Palestina Hari Ini


Dewan Keamanan PBB akan mulai membicarakan proposal Palestina hari ini (28/9).

Dewan Keamanan PBB akan mulai membicarakan proposal Palestina hari ini (28/9).

Dewan Keamanan PBB akan mempertimbangkan permohonan Palestina secara resmi hari ini (28/9), di tengah-tengah seruan upaya pembicaraan damai Israel-Palestina dan kutukan terhadap Israel atas pemukiman di Yerusalem.

Dewan Keamanan PBB hari ini akan secara resmi mempertimbangkan upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB.

Pembicaraan hari Rabu itu akan dilakukan ditengah-tengah seruan yang terus berlanjut agar pembicaraan perdamaian Israel-Palestina dimulai lagi, dan kutukan oleh para pemimpin Amerika, Eropa dan Palestina terhadap rencana Israel untuk membangun perumahan di Yerusalem timur.

Ketua politik PBB Lynn Pascoe mengatakan kepada Dewan Keamanan hari Selasa bahwa semua upaya mesti dilakukan untuk mendorong kedua pihak supaya kembali ke meja perundingan. Dia mengatakan kini saatnya bagi setiap orang untuk memberikan kesempatan kepada usaha diplomasi.

Pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina macet tahun lalu setelah pembekuan oleh Israel terhadap pembangunan permukiman di Tepi Barat habis masa berlakunya. Kemacetan pembicaraan itu menyebabkan Palestina berusaha mendapatkan pengakuan sebagai negara dari PBB pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menyebut keputusan Israel untuk membangun 1100 rumah sebagai “kontra produktif” untuk memulai lagi perundingan. Dia mengatakan kedua pihak harus menghindari tindakan proaktif yang merongrong rasa percaya, khususnya di Yerusalem.

XS
SM
MD
LG