Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Adakan Sidang Darurat Soal Yaman


Milisia yang loyal pada Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi mengambil posisi di jalanan Aden, Yaman (2/4). (AP/Wael Qubady)

Milisia yang loyal pada Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi mengambil posisi di jalanan Aden, Yaman (2/4). (AP/Wael Qubady)

Rusia menyerukan diadakannya pertemuan dan telah mengedarkan rancangan resolusi yang minta dihentikannya pertempuran untuk sementara atas dasar kemanusiaan.

Dewan Keamanan PBB mengadakan sidang darurat untuk membahas penghentian sementara serangan udara di Yaman, supaya bantuan kemanusiaan bisa dikirim.

Rusia menyerukan diadakannya pertemuan Sabtu (4/4) dan telah mengedarkan rancangan resolusi yang minta dihentikannya pertempuran untuk sementara atas dasar kemanusiaan.

Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Vladimir Safronkov mengatakan kepada para wartawan bahwa jeda tersebut akan menjamin agar para diplomat dan warga sipil dapat diungsikan dengan selamat dari negara itu.

Sebuah koalisi pimpinan Arab Saudi telah melancarkan serangan udara di seluruh negara itu selama lebih dari seminggu untuk menghentikan gerakan pemberontak Houthi Syiah, yang telah merebut banyak wilayah Yaman.

Di Jenewa hari Sabtu, Komite Palang Merah Internasional mengatakan tiga kapal yang mengangkut bantuan dan staf medis yang akan dikirim ke Yaman masih terhambat meskipun permohonan telah diajukan ke pasukan koalisi yang menguasai wilayah udara dan pelabuhan di Yaman.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG