Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Adakan Pemungutan Suara Terkait Perjanjian Nuklir Iran


Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB hari Senin ini (20/7) akan menerima sebuah resolusi yang akan membuka jalan bagi dicabutnya sanksi-sanksi ekonomi atas Iran.

Pemungutan suara yang akan diadakan jam 9 pagi waktu New York diadakan hanya sebagai formalitas, karena perjanjian nuklir dengan Iran itu disusun oleh ke lima anggota tetap DK ditambah Jerman.

Resolusi itu berisi syarat-syarat dicabutnya sanksi-sanksi, sebagai imbalan Iran tidak akan membuat bom nuklir. Ini akan merupakan dukungan resmi PBB untuk menjalankan perjanjian nuklir yang dicapai hari Selasa lalu di Wina, setelah perundingan maraton selama 18 hari.

Badan tenaga atom internasional harus menjalankan pemantauan dan verifikasi yang diperlukan untuk memastikan bahwa Iran menjalankan semua syarat-syarat yang telah disetujuinya, kata satu bagian resolusi itu. Segera setelah DK menerima laporan badan tenaga atom internasional bahwa program nuklir Iran hanya untuk tujuan damai, maka bagian-bagian tertentu dari tujuh sanksi yang dikenakan PBB atas Iran akan dicabut.

Tapi embargo atas penjualan senjata konvensional dan misil-misil balistik kepada Iran masih akan terus dipertahankan selama lima sampai delapan tahun ke depan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG