Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Adakan Pemungutan Suara Resolusi untuk Suriah


Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pemungutan suara terkait resolusi untuk Suriah (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pemungutan suara terkait resolusi untuk Suriah (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan mengadakan pemungutan suara hari ini mengenai resolusi yang hendak memperpanjang misi pengamat PBB di Suriah.

Mandat untuk misi pengamat PBB di Suriah akan berakhir hari Jumat mendatang, dan para anggota Dewan Keamanan belum mencapai kesepakatan mengenai resolusi PBB terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Inggris, Perancis, Amerika Serikat dan Jerman telah mengusulkan rancangan yang menghendaki sanksi kalau Suriah tidak melaksanakan rencana perdamaian utusan PBB Kofi Annan. Rusia telah berjanji untuk mem-veto resolusi yang memuat ancaman sanksi itu. Rancangan yang diusulkan Rusia tidak memuat sanksi.

Annan mengatakan harapannya agar Dewan Keamanan bersatu dalam mengusahakan perdamaian di Suriah, Selasa (17/7), sementara itu Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan ia tidak mengerti mengapa Dewan Keamanan tidak dapat mencapai persetujuan.

Usaha mencapai konsensus terjadi karena kekerasan terus berlangsung di Suriah, termasuk pertempuran beberapa hari di Damaskus.
XS
SM
MD
LG