Tautan-tautan Akses

Dewan Juri AS: Cukup Bukti untuk Adili 2 Terdakwa Warga Iran


Sketsa gambar saat pembacaan dakwaan bagi warga Iran, Mansour Arbabsiar di pengadilan New York (11/10).

Sketsa gambar saat pembacaan dakwaan bagi warga Iran, Mansour Arbabsiar di pengadilan New York (11/10).

Dua warga Iran, Arbabsiar dan Shakuri, didakwa terlibat dalam komplotan untuk membunuh duta besar Arab Saudi di Washington.

Dewan juri Amerika menyatakan dua warga Iran yang didakwa terlibat dalam komplotan untuk membunuh duta besar Arab Saudi di Washington layak diadili.

Keputusan hari Kamis di New York itu berarti bahwa dewan juri yakin ada cukup bukti untuk mengadili Mansour Arbabsiar dan Gholam Shakuri.

Arbabsiar, warganegara Amerika keturunan Iran, dijadwalkan menghadap hakim hari Senin. Shakuri yang menurut Amerika adalah anggota pasukan elit Iran Quds, belum tertangkap.

Kementerian Kehakiman Amerika mengatakan Arbabsiar telah mengakui perannya dalam komplotan untuk membunuh duta besar Arab Saudi, mungkin dengan meledakkan bom di sebuah restoran.

Iran membantah terlibat dalam komplotan itu, dan presiden Mahmoud Ahmedinejad menuduh Amerika mereka-reka komplotan itu untuk menimbulkan perpecahan antara Iran dan Arab Saudi. Pemimpin Agung Ayatollah Khamenei hari Minggu mengatakan, aksi politis atau keamanan dari Amerika terkait isu tersebut akan mengakibatkan tanggapan yang menentukan dari Iran.

XS
SM
MD
LG