Tautan-tautan Akses

Dewan HAM PBB Langsungkan Pertemuan Bahas Sudan Selatan


Zeid Ra'ad al-Hussein, komisioner HAM PBB (Foto: dok).

Zeid Ra'ad al-Hussein, komisioner HAM PBB, Rabu (14/12), mendesak dewan tersebut untuk menyerukan kepada para pemimpin Sudan Selatan agar tidak memicu kekerasan dan kebencian bernuansa etnis.

Dewan HAM PBB melangsungkan pertemuan, Rabu (14/12), untuk membahas situasi di Sudan Selatan. Komisioner HAM PBB mengatakan, masih ada waktu untuk mengambil tindakan yang bisa menghindarkan negara yang baru berumur lima tahun itu dari kemungkinan terjerumus ke dalam skenario terburuk.

Zeid Ra'ad al-Hussein, komisioner itu, mendesak dewan tersebut, Rabu (14/12), untuk menyerukan kepada para pemimpin Sudan Selatan agar tidak memicu kekerasan dan kebencian bernuansa etnis. Amerika Serikat adalah pihak yang meminta diselenggarakannya pertemuan itu.

Puluhan ribu orang telah tewas akibat pertempuran di Sudan Selatan dan lebih dari satu juta orang terpaksa meninggalkan negara itu.

Zeid mengatakan, sewaktu para pemimpin setempat berusaha terlibat untuk menentramkan masyarakat dan menghentikan pidato-pidato yang menyebar kebencian, ancaman kekerasan mengalami penurunan. Kenyataan tersbut, kata Zein, menumbuhkan harapan bahwa masih ada kemungkinan untuk menjauhkan negara itu dari skenario terburuk yang mungkin dihadapi. [ab/as]

XS
SM
MD
LG