Tautan-tautan Akses

AS

Detroit Bangkit dari Kebangkrutan Kota Terbesar dalam Sejarah AS


Walikota Detroit, Mike Duggan dalam konferensi pers di Detroit (10/12).

Walikota Detroit, Mike Duggan dalam konferensi pers di Detroit (10/12).

Detroit akan melunasi $7 milyar dari $18 milyar hutangnya, dan menanamkan kembali modal sebanyak hampir $2 milyar dalam bentuk pelayanan jasa dan infrastruktur kota.

Walikota Detroit Mike Duggan mengatakan, kini adalah "awal baru" bagi kotanya, yang, hari Rabu (10/12), muncul kembali dari kebangkrutan terbesar sebuah kota di Amerika Serikat. Duggan mengutarakan, Detroit akan berusaha sekuat tenaga dalam memberikan pelayanan kepada warganya.

Dalam sebuah rencana yang disetujui oleh sebuah pengadilan kebangkrutan federal, Detroit akan melunasi $7 milyar dari $18 milyar hutangnya, dan menanamkan kembali modal sebanyak hampir $2 milyar dalam bentuk pelayanan jasa dan infrastruktur kota.

Detroit, kota di barat-tengah Amerika yang pernah sangat marak sebagai pusat industri mobil dunia itu, terpuruk ke dalam hutang dan defisit anggaran selama lebih dari 20 tahun, dan mengajukan status bangkrut tahun lalu.

Jumlah penduduk yang semula mencapai lebih dari satu juta kepala hingga akhir tahun 1990, sejak itu telah menciut menjadi sekitar 700 ribu jiwa. Puluhan ribu toko, pabrik dan yang dulunya rumah-rumah indah, kini menjadi bangunan kosong yang terbengkalai. Sejumlah layanan kota terhenti dan tingkat kejahatan meningkat.

XS
SM
MD
LG