Tautan-tautan Akses

Desainer Oscar De La Renta Meninggal pada Usia 82


Desainer Oscar de la Renta bersama para model yang membawakan rancangannya pada Pekan Mode New York, September 2014. (AP/Diane Bondareff)

Desainer Oscar de la Renta bersama para model yang membawakan rancangannya pada Pekan Mode New York, September 2014. (AP/Diane Bondareff)

De la Renta dan perancang-perancang sebayanya mendefinisikan gaya Amerika dan pengaruh mereka masih terasa sampai sekarang.

Oscar de la Renta, perancang busana dunia yang membentuk gaya berpakaian para sosialita, ibu negara dan bintang Hollywood selama lebih dari 40 tahun, meninggal dunia Senin malam (20/10) dalam usia 82 tahun.

Ia tutup usia di rumahnya di Connecticut, AS. Sebab kematian tidak diketahui, tetapi de la Renta telah berbicara sebelumnya mengenai penyakit kanker yang dideritanya.

Akhir 1960-an dan awal 70an merupakan waktu yang penting bagi dunia mode AS, saat perancang-perancang berbasis di New York membentuk gaya tersendiri yang akhirnya dipandang serius oleh orang-orang Eropa.

De la Renta dan perancang-perancang sebayanya, termasuk almarhum Bill Blass, Halston dan Geoffrey Beene, mendefinisikan gaya Amerika dan pengaruh mereka masih terasa sampai sekarang.

Spesialisasi de la Renta adalah gaun malam, meski ia juga dikenal dengan jas siang hari yang apik. Ciri khasnya adalah rok-rok bervolume, bordir anggun dan warna yang kaya.

Baru-baru ini de la Renta dipuji karena rancangan gaun yang dikenakan Amal Alamuddin ketika menikah dengan aktor George Clooney di Italia September lalu. Dan awal bulan ini, ibu negara AS Michelle Obama memakai gaun de la Renta untuk pertama kalinya. De la Renta telah mengkritiknya beberapa tahun lalu karena memakai busana rancangan desainer asing.

Gaun-gaunnya telah dipakai mulai dari Jacqueline Kennedy sampai Hillary Rodham Clinton dan Laura Bush, dan dari Penelope Cruz sampai Sandra Bullock.

De la Renta meninggalkan Republik Dominika pada usia 18 tahun untuk belajar melukis di Spanyol, namun kemudian tergoda dunia mode. Istri Duta Besar AS untuk Spanyol saat itu melihat beberapa sketsanya dan memintanya untuk membuat gaun untuk putrinya -- gaun yang kemudian muncul di sampul majalah Life.

Ia kemudian magang dengan Cristobal Balenciaga, sebelum pindah ke Perancis untuk bekerja di Lanvin. Pada 1963, ia bekerja untuk adibusana Elizabeth Arden di New York dan pada 1965 meluncurkan merk sendiri.

De la Renta meninggalkan seorang istri – Annete Engelhard – dan tiga anak. Istri pertamanya, editor Vogue Perancis, Francoise de Langlade, meninggal pada 1983. (AP)

XS
SM
MD
LG