Tautan-tautan Akses

Desainer Indonesia Rancang Ruang Pesta Oscars 2015


Irma Hardjakusumah (kanan), desainer yang merancang ruang pesta Oscars Governors Ball 2015 dan wartawan VOA Vena Annisa. (VOA/Vena Annisa)

Irma Hardjakusumah (kanan), desainer yang merancang ruang pesta Oscars Governors Ball 2015 dan wartawan VOA Vena Annisa. (VOA/Vena Annisa)

Desainer interior asal Indonesia, Irma Hardjakusumah, merancang ruang pesta Governors Ball 2015, salah satu pesta perayaan Oscars terbesar dan paling banyak dihadiri oleh selebriti.

Di balik kemegahan pesta pembagian Piala Oscar, Governors Ball, ada sosok warga Indonesia, Irma Hardjakusumah, yang hampir setiap tahunnya menjadi desainer interior langganan untuk berbagai pesta besar di Hollywood.

Governors Ball tahun ini mengambil tema Hollywood tempo dulu, dimulai dari era 1920an hingga 1940an.

“Jadi ruangannya itu ada kesan old Hollywood, old glamor,” papar Irma saat ditemui VOA di Los Angeles, California.

Bersama sang produser, Cheryl Cecchetto, untuk proyek Governors Ball tahun ini, Irma bekerjasama dengan perpustakaan Margaret Herrick di Beverly Hills yang menyimpan sejarah dan perkembangan dunia perfilman di Amerika. Di sinilah ia banyak mendapatkan inspirasi yang kemudian ia tuangkan ke dalam desain untuk pesta Governors Ball kali ini.

“Mulai foto-foto di belakang layar, foto-foto publikasi atau istilahnya photo set, desainer kostum, pokoknya dunia perfilman dari mungkin awal abad ini,” jelas lulusan Universitas Indonesia jurusan arsitektur yang juga pernah meneruskan pendidikan di University of California di Los Angeles dan Art Center College of Design.

Ribuan foto yang menggambarkan perkembangan dunia film di Amerika dari perpustakaan tersebut akan menghiasi ruangan pesta Governors Ball yang tahun ini akan diselenggarakan di Ray Dolby Ballroom yang bertempat di Hollywood & Highland Center, Los Angeles, seusai ajang pembagian piala Oscar.

Irma yang berusia 40 tahun itu sangat bersyukur bisa terlibat dalam penggarapan desain berbagai pesta yang sangat prestisius di Amerika seperti Governors Ball untuk Oscar dan Emmy Awards. Namun, menurutnya, yang menjadi kepuasan bagi dirinya sebagai seorang desainer adalah ketika ia tetap diizinkan untuk berkreasi.

“Sebenarnya yang sangat saya nikmati dalam proyek-proyek ini adalah mereka itu mengizinkan saya untuk mencoba banyak sekali bentukan-bentukan ruang yang belum pernah saya coba sebelumnya,” papar Irma yang sudah tinggal di Amerika selama 17 tahun terakhir ini.

“Jadi di sini saya lihat sebagai satu peluang untuk mencoba struktur baru, atau mencoba set baru, atau istilahnya pushing the envelop,” lanjutnya.

Untuk Oscars Governors Ball tahun ini, koki terkenal Wolfgang Puck kembali hadir dengan menu ekstravaganza seperti burger mini andalannya dan hidangan ikan salmon berbentuk piala Oscar untuk sekitar 1.500 tamu yang hadir.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG