Tautan-tautan Akses

AS

Deplu AS Pertimbangkan Rilis Email Clinton Awal 2016


Hillary Rodham Clinton (Foto: dok).

Hillary Rodham Clinton (Foto: dok).

Hillary Clinton, yang dianggap sebagai kandidat terkemuka untuk memenangkan nominasi presiden dari Partai Demokrat tahun depan, mengatakan keinginannya agar email-email tersebut dirilis sesegera mungkin.

Departemen Luar Negeri AS telah mengusulkan merilis email pribadi kandidat calon presiden Hillary Clinton pada awal tahun 2016. Departemen Luar Negeri mengajukan proposal tersebut Senin malam (18/5), menanggapi gugatan yang diajukan di bawah UU Kebebasan Informasi.

Email-email Clinton menjadi subjek kontroversi awal tahun ini ketika terungkap bahwa selama masa jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri, yang berlangsung dari tahun 2009 hingga 2013, melakukan banyak komunikasi dengan menggunakan akun email pribadi, daripada akun Departemen Luar Negeri.

Departemen Luar Negeri mengatakan memiliki sekitar 55.000 halaman email dari akun pribadi Clinton yang dipersiapkan untuk dirilis di situs Departemen Luar Negeri, dan bahwa pemeriksaan email-email tersebut akan memakan waktu sampai akhir tahun. Tanggal rilis yang diusulkan adalah 15 Januari 2016.

Clinton, yang dianggap sebagai kandidat terkemuka untuk memenangkan nominasi presiden dari Partai Demokrat, tahun depan, telah mengatakan, ia ingin email-email itu dirilis sesegera mungkin. Rilis bulan Januari 2016 akan bersamaan waktunya dengan kaukus Iowa dan pemilihan pendahuluan negara bagian New Hampshire, yang keduanya merupakan saat-saat penting bagi kandidat-kandidat calon presiden AS.

XS
SM
MD
LG