Tautan-tautan Akses

Deplu Amerika Usahakan 5 Warganya Dapat Pulang dari Mesir


Sam LaHood (kiri) dan ayahnya, Menteri Perhubungan AS Ray LaHood (foto: dok). Sam ditahan di Mesir karena dituduh terlibat kerusuhan.

Sam LaHood (kiri) dan ayahnya, Menteri Perhubungan AS Ray LaHood (foto: dok). Sam ditahan di Mesir karena dituduh terlibat kerusuhan.

Sebanyak 5 warga AS, termasuk putra Menteri Perhubungan AS, dihambat memasuki pesawat karena dituduh membantu kerusuhan di Mesir.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan para pejabat Amerika sangat giat terlibat mengusahakan agar Mesir jangan menghambat warga Amerika meninggalkan negara itu.

Sebanyak 5 warga Amerika, termasuk Sam LaHood – putra Menteri Perhubungan Amerika Ray LaHood, telah dihambat memasuki pesawat untuk pulang oleh pihak berwenang Mesir.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan hari Kamis warga Amerika itu anggota LSM internasional yang bekerja untuk membantu pemilu Mesir. Pemilu itu bertujuan untuk menggantikan pemerintah militer sementara dengan pemerintah sipil.

Nuland mengatakan hakim-hakim Mesir telah menanyai warga Amerika itu sementara pihak berwenang menyelidiki LSM tersebut, dan menuduhnya membantu kerusuhan.

Dia mengatakan pemilu demokratis adalah hal yang baru bagi birokrat dan tata peradilan Mesir, dan bahwa pejabat pemerintah lamban menyesuaikan diri. Dia juga mengatakan LSM membantu proses itu, bukan perorangan calon.

Nuland mengatakan para pejabat Amerika mendesak pemerintah Mesir agar mencabut pembatasan bepergian segera dan membiarkan warga Amerika pulang secepat mungkin.

XS
SM
MD
LG