Tautan-tautan Akses

AS

Departemen Keuangan AS Masukkan 2 WNI ke Daftar Hitam


Menteri Keuangan Amerika Serikat Jacob Lew dalam sebuah acara di California. (Foto: Dok)

Menteri Keuangan Amerika Serikat Jacob Lew dalam sebuah acara di California. (Foto: Dok)

Departemen Keuangan juga membekukan seluruh aset kedua orang tersebut yang mungkin ada di AS dan melarang semua warga Amerika bertransaksi dengan mereka.

Departemen Keuangan Amerika Serikat telah memasukkan dua warga Indonesia ke daftar hitam karena diduga terkait dengan kelompok-kelompok militan Islam.

Lembaga tersebut mengatakan Rabu (18/9) bahwa Said Ahmad Sungkar, 51, menggalang dana untuk Jemmah Anshorut Tauhid, atau JAT, yang menyerang pegawai pemerintah dan warga sipil, dan sebelumnya bertugas sebagai kepala media bagi Jemaah Islamiyah, jaringan teroris berbasis Asia Tenggara yang terkait al-Qaida.

Yang juga masuk ke dalam daftar tersebut adalah Afif Abdul Majid, 58, yang digambarkan sebagai pemimpin JAT senior yang mengawasi perekrutan dan pelatihan teroris-teroris di Indonesia.

Departemen Keuangan juga membekukan seluruh aset Said dan Afif yang mungkin ada di AS dan melarang semua warga negara Amerika untuk bertransaksi dengan mereka.

Indonesia telah berupaya melawan kelompok militan Islam sejak pemboman 2002 di Bali oleh Jemaah Islamiyah yang menewaskan 202 orang. (AP)
XS
SM
MD
LG