Tautan-tautan Akses

Demonstran Anti-Pemerintah Duduki Kementerian Keuangan Thailand


Para demonstran anti-pemerintah Thailand menggelar aksi demo dengan duduk di dalam gedung Kementerian Keuangan Thailand di Bangkok (25/11).

Para demonstran anti-pemerintah Thailand menggelar aksi demo dengan duduk di dalam gedung Kementerian Keuangan Thailand di Bangkok (25/11).

Para demonstran Thailand menghendaki Perdana Menteri Yingluck Shinawatra meletakkan jabatan di tengah-tengah klaim bahwa kakaknya PM terguling Thaksin Shinawatra, menjalankan negara di belakang layar.

Para demonstran anti-pemerintah di Thailand telah merebut Kementerian Keuangan di Bangkok dan mengancam akan menyerbu gedung-gedung pemerintah lainnya dalam peningkatan upaya mereka untuk menumbangkan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.

Lebih dari 1000 demonstran menyerbu masuk gedung-gedung Kementerian Keuangan, Senin (25/11). Banyak lainnya merobos masuk kawasan kantor Kementerian Luar Negeri, namun tidak berhasil memasuki gedung. Para demonstran lainnya menyebar di seluruh kota itu, berbaris ke lebih dari sepuluh lembaga negara, termasuk sarana militer dan kepolisian, dan beberapa stasiun televisi yang didukung pemerintah.

Polisi, yang belum berusaha membubarkan demonstran, mengatakan, sekitar 30 ribu orang beramai-ramai mendatangi sedikitnya 13 fasilitas pemerintah di berbagai penjuru ibukota.

Para demonstran yang dipimpin partai oposisi utama menginginkan perdana menteri itu mundur, dan menuduhnya menjadi boneka saudaranya yang mengasingkan diri, mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra yang terguling.

Ribuan demonstran pro-pemerintah juga mengadakan demonstrasi di stadion Bangkok dan bersumpah tidak akan bubar sampai oposisi menghentikan demonstrasi mereka. Banyak warga Thailand khawatir, bentrokan kekerasan akan terjadi antara kedua kelompok yang bertentangan itu.
XS
SM
MD
LG