Tautan-tautan Akses

Demonstrasi Besar Anti-Rousseff Berlangsung di Brazil


Para demonstran dalam protes terhadap Presiden Brazil Dilma Rousseff di Copacabana, Rio de Janeiro (16/8). (Reuters/Ricardo Moraes)

Para demonstran dalam protes terhadap Presiden Brazil Dilma Rousseff di Copacabana, Rio de Janeiro (16/8). (Reuters/Ricardo Moraes)

Para demonstran mengecam skandal korupsi yang melanda para politisi dari partai Rousseff dan memprotes ekonomi Brazil yang tersendat, mengalami gejolak mata uang dan meningkatnya inflasi.

Warga Brazil hari Minggu (16/8) turun ke jalan-jalan kota di seluruh negara itu untuk melakukan demonstrasi anti-pemerintah sebagai penolakan terhadap Presiden Dilma Rousseff yang semakin tidak disukai.

Demonstrasi itu dipelopori oleh kelompok-kelompok aktivis lewat jejaring sosial. Demonstrasi hari Minggu mengecam Rousseff, yang mempertahankan karir politiknya di tengah-tengah skandal korupsi yang melanda para politisi dari partainya, Partai Pekerja, serta memprotes ekonomi Brazil yang tersendat, mengalami gejolak mata uang dan meningkatnya inflasi.

Awalnya, protes itu hanya menarik sedikit demonstran. Analis politik mengatakan kehadiran demonstran hari Minggu bisa menentukan masa depan gerakan demonstrasi dimana masa dalam jumlah besar meningkatkan tekanan terhadap pemerintah.

Di Rio de Janeiro, ribuan warga yang mengenakan pakaian kuning dan hijau, warna bendera Brazil berdemonstrasi di sepanjang Pantai Copacabana. Demonstrasi di Rio itu bertepatan dengan uji coba balap sepeda untuk Olimpiade tahun depan di kota itu tapi penyelenggara mengubah rute balap dan waktu acara untuk menghindari kemungkinan bentrokan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG