Tautan-tautan Akses

Demonstran Vietnam Peringati Perang Perbatasan dengan China


Protes di Vietnam

Protes di Vietnam

Para demonstran anti-China di Vietnam memperingati 35 tahun perang perbatasan berdarah dengan China dengan meletakkan karangan-karangan bunga di sebuah kuil di Hanoi tengah.

Para demonstran, Minggu, tadinya ingin meletakkan karangan-karangan bunga itu di sebuah patung terkenal di ibukota namun terhalang oleh sebuah kelas aerobik dan beberapa penari yang memainkan musik keras. Para demonstran menuding pemerintah menyewa para penari itu untuk menghalangi akses mereka ke patung itu. Akhirnya, mereka berpawai ke sebuah lokasi turis, Kuil Ngoc Son, dan meletakkan karangan-karangan bunga itu di sana.

China menginvasi propinsi-propinsi di Vietnam Utara Februari 1979 setelah pasukan Vietnam mengusir rezim Khmer Merah dukungan Beijing di Kamboja.

Konflik berdarah yang berlangsung singkat itu menelan puluhan ribu korban jiwa di kedua belah pihak dan berakhir dengan China menarik pasukannya.

Kedua negara terlibat dalam sengketa wilayah yang telah bertahan lama di kepulauan Paracel dan Spratly, meskipun China adalah salah satu mitra dagang terbesar Vietnam.
XS
SM
MD
LG