Tautan-tautan Akses

Demonstran Ukraina Tumbangkan Patung Lenin


Para demonstran oposisi Ukraina merusak monumen Vladimir Lenin di Kiev, Ukraina hari Minggu (8/12).

Para demonstran oposisi Ukraina merusak monumen Vladimir Lenin di Kiev, Ukraina hari Minggu (8/12).

Demonstran anti pemerintah di Ukraina telah menumbangkan sebuah patung pendiri Soviet, Vladimir Lenin di pusat kota Kiev hari Minggu (8/12).

Demonstran anti pemerintah di Ukraina telah menumbangkan sebuah patung pendiri Soviet, Vladimir Lenin di pusat kota Kiev dalam serangkaian demonstrasi masal menentang pemerintahan Presiden Viktor Yanukovych.

Ratusan ribu warga melambaikan bendera Uni Eropa dan Ukraina di Lapangan Kemerdekaan Kiev untuk memprotes keputusan pemerintah membatalkan perjanjian perdagangan. Pembatalan itu diambil karena tekanan Rusia.

Dalam surat yang dibacakan anak perempuannya, pemimpin oposisi yang dipenjarakan dan bekas perdana menteri Yulia Tymoshenko mengatakan Yanukovych telah kehilangan keabsahannya sebagai seorang presiden dan menyerukan agar ia disingkirkan.

Sebelumnya pemimpin oposisi Arseniy Yatsenyuk mengatakan ia hanya akan berunding dengan Presiden Yanukovych jika Yanukovych menunjuk sebuah pemerintah baru yang akan mempererat hubungan dengan Eropa.

Badan keamanan Ukraina hari Minggu membuka penyelidikan terhadap para pemimpin oposisi atas kecurigaan berupaya merebut kekuasaan.

Sementara itu, Komisi Eropa dalam sebuah pernyataan mengatakan Presiden Komisi Jose Manuel Barosso mendesak Yanukovych untuk berdialog dengan penentangnya dan menghormati kebebasan sipil dalam pembicaraan telepon hari Minggu. Komisi itu mengatakan Kepala kebijakan Uni Eropa, Catherine Ashton akan berkunjung ke Kiev untuk memberi dukungan jalan keluar dari krisis itu.
XS
SM
MD
LG