Tautan-tautan Akses

Demonstran Ukraina Peringati Ulang Tahun Kerusuhan, Serang Bank-bank Rusia


Seorang demonstran Ukraina menyerang bank di Kyiv, Ukraina, Sabtu, 20 Februari 2016.

Seorang demonstran Ukraina menyerang bank di Kyiv, Ukraina, Sabtu, 20 Februari 2016.

Pengunjuk rasa nasionalis Ukraina, Sabtu (20/2), melempar batu dan menghancurkan jendela dua bank Rusia di pusat ibukota Kyiv, memperingati dua tahun kerusuhan pemberontakan mematikan yang menggulingkan Presiden Ukraina yang condong terhadap Rusia.

Ratusan orang berkumpul di alun-alun utama kota itu untuk memperingati kerusuhan, beberapa demonstran menarget bank cabang Rusia Sberbank dan Alfa bank, memblokir lalu lintas dan melempar cat ke kedua bank tersebut. Laporan berita lokal mengatakan kekerasan meletus meskipun ribuan polisi dikerahkan untuk menjaga ketertiban.

Tanggal 20 Februari 2014, lebih dari 100 pengunjuk rasa tewas, kebanyakan dari mereka tewas ditembak, selagi pasukan yang setia terhadap presiden saat itu Viktor Yanukovych berusaha menghalau protes anti-pemerintah yang telah menduduki ibukota selama berminggu-minggu. Tuntutan terhadap aksi pembunuhan itu tidak pernah berhasil, dan identitas pelaku penembakan tetap tidak jelas.

Korban-korban yang tewas, kini dikenal sebagai "seratus ahli surga" di Ukraina, secara luas dipandang sebagai katalis yang mendorong Yanukovych mundur dari jabatannya dan pergi ke Rusia beberapa hari setelah pembunuhan tersebut.

Beberapa pekan kemudian, parlemen Rusia mengambil langkah menganeksasi semenanjung Krimea yang sebagian besar penduduknya berbahasa Rusia, ini memicu pemberontakan pro-Rusia pada bulan April 2014 di Ukraina timur melawan pemerintah Ukraina yang telah menelan korban lebih dari 9 ribu jiwa.

Sebagian besar pertempuran telah mereda dalam beberapa bulan belakangan, namun belum ada pihak yang sepenuhnya menerapkan apa yang disebut pakta gencatan senjata Minsk yang dirundingkan tahun lalu oleh utusan-utusan dari Eropa, Rusia dan Ukraina. [zb]

XS
SM
MD
LG