Tautan-tautan Akses

Demonstran di Taiwan Tuntut Pembatalan Persetujuan dengan China


Seorang mahasiswa demonstran tidur di lantai parlemen setelah bentrok dengan polisi di Taipei, Taiwan, Rabu (19/3).

Seorang mahasiswa demonstran tidur di lantai parlemen setelah bentrok dengan polisi di Taipei, Taiwan, Rabu (19/3).

Mereka memrotes persetujuan perdagangan yang luas dengan China yang dianggap membahayakan lapangan pekerjaan Taiwan dan meningkatkan pengaruh China.

Ratusan demonstran menerobos masuk ke parlemen Taiwan untuk menuntut agar pemerintah membatalkan persetujuan perdagangan yang direncanakan dengan China.

Pemrotes itu membobol gerbang logam yang besar ketika mereka memasuki ruang legislatif Selasa (18/3) dan menggunakan kursi-kursi untuk membendung polisi supaya tidak dapat masuk.

Mereka memrotes persetujuan perdagangan yang luas dengan China yang mereka katakan akan membahayakan lapangan pekerjaan Taiwan dan meningkatkan pengaruh China.

Seorang juru bicara demonstran mahasiswa itu, Huang Yu-fen, mengatakan kelompoknya menuntut agar komite pemerintah mencabut peninjauan awalnya mengenai persetujuan itu.

Taiwan dan China memiliki hubungan kuat selama bertahun-tahun. Hubungan politik juga telah semakin hangat setelah pembicaraan tingkat tinggi yang bersejarah bulan lalu.

Oposisi Taiwan khawatir akan pengaruh China yang berlebihan. Mereka bertekad untuk memberi suara yang menentang persetujuan perdagangan itu, tetapi tidak mempunyai kekuatan untuk menghambatnya.
XS
SM
MD
LG