Tautan-tautan Akses

Demonstran Desak Tiongkok Hentikan Pemulangan Pembelot Korut


Para demonstran mendesak Beijing tidak memulangkan pembelot Korut dalam unjuk rasa di depan Kedubes Tiongkok di Seoul (12/3).

Para demonstran mendesak Beijing tidak memulangkan pembelot Korut dalam unjuk rasa di depan Kedubes Tiongkok di Seoul (12/3).

Para demonstran di depan Kedubes Tiongkok di Seoul mendesak Beijing menghentikan pemulangan paksa para pembelot Korut.

Sejumlah aktivis hak asasi, termasuk pembelot Korea Utara, berdemonstrasi hari Senin di depan Kedutaan Besar Tiongkok di Seoul untuk mendesak pemerintah Tiongkok agar menghentikan pemulangan paksa para pembelot Korea Utara.

Para demonstran, termasuk di antaranya legislator Korea Selatan Park Jin, ingin Beijing memperlakukan para pembelot sebagai pengungsi, suatu langkah yang akan melindungi warga Korea Utara itu dari ancaman pemulangan paksa.

Aktivis Korea Selatan Do Hee-yun menuduh Beijing pekan lalu memaksa pulang 31 pengungsi Korea Utara yang telah menyeberang masuk ke Tiongkok.

Do, yang memimpin koalisi hak asasi berbasis di Seoul, mengatakan kepada kantor berita Perancis bahwa para pencari suaka secara diam-diam dipulangkan kembali ke Korea Utara dalam dua pekan ini. Ia mengatakan mereka kemungkinan menghadapi hukuman keras karena melarikan diri semasa periode berkabung bagi mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il baru-baru ini.

XS
SM
MD
LG