Tautan-tautan Akses

Demonstran Berunjukrasa di Jakarta Setelah Bentrokan Mematikan


Para demonstran menuntut agar pasukan polisi pamong praja dibubarkan, setelah bentrokan mematikan di Tanjung Priok.

Ratusan orang berdemonstrasi di luar Balai Kota Jakarta untuk menuntut agar pasukan polisi pamong praja dibubarkan, setelah bentrokan mematikan lantaran rencana merenovasi kompleks makam seorang pemimpin Muslim.

Para demonstran meneriakkan slogan-slogan dan melambaikan spanduk dalam demonstrasi yang umumnya berlangsung damai.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menolak imbauan untuk membubarkan pasukan keamanan itu, tapi ia mengatakan kementeriannya akan mengadakan penyelidikan atas tindakan satuan itu. Gubernur Jakarta Fauzi Bowo hari Kamis juga bertemu dengan para tokoh masyarakat dalam upaya meredakan ketegangan.

Hari Rabu, tiga orang tewas dan lebih 100 orang terluka setelah demonstran yang bersenjata parang dan tongkat bentrok dengan polisi dan pasukan keamanan di Jakarta utara.

Beberapa saksi mata melaporkan mereka melihat beberapa anggota pasukan keamanan memukul dan menendang demonstran yang terluka, sementara para demonstran juga terlihat melempari petugas dengan batu.

Para demonstran mengira pemerintah DKI berencana memindahkan makam Habib Hasan, seorang ulama abad ke-18 yang dianggap berjasa menyebarkan agama Islam di wilayah itu. Para pejabat pemerintah mengatakan mereka hanya berencana merenovasi daerah tersebut.

XS
SM
MD
LG