Tautan-tautan Akses

Demonstran Anti Pemerintah Terus Guncang Bangkok


Para pengunjuk rasa anti pemerintah berjaga di luar kantor Departemen Investigasi Khusus (DSI) di Bangkok (30/11).

Para pengunjuk rasa anti pemerintah berjaga di luar kantor Departemen Investigasi Khusus (DSI) di Bangkok (30/11).

Polisi Thailand memperketat keamanan di Bangkok, Sabtu (30/11) sementara aksi unjuk rasa pindah ke perkantoran telekomunikasi milik negara dalam upaya terbaru untuk menggulingkan pemerintahan.

Polisi ibukota mengatakan para pengunjuk rasa berencana mengepung markas besar kepolisian nasional dan kantor kepolisian ibukota, gedung pemerintah, dan bahkan kebun binatang.

Lebih dari 1.000 demonstran sempat menyerbu markas besar angkatan darat hari Jumat dalam upaya meyakinkan militer agar bergabung dengan upaya mereka menggulingkan pemerintah Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Mereka meninggalkan kompleks itu secara damai setelah sekitar dua jam.

Panglima Angkatan Darat Jenderal Prayuth Chan-ocha kemudian mendesak para demonstran agar tidak memaksa militer berpihak .

Para pemimpin oposisi mengatakan hari Minggu akan menjadi “hari kemenangan” dan menghimbau para pendukungnya untuk menduduki kantor perdana menteri. Mereka bertekad akan mengambil alih semua kementerian hingga Perdana Menteri Yingluck mengundurkan diri.

Yingluck Shinawatra selamat dari mosi tidak percaya dalam parlemen hari Kamis. Perdana Menteri itu menolak meletakkan jabatan dan menyerukan dialog guna menyelesaikan keadaan. Ia bertekad tidak menggunakan kekerasan untuk menghentikan aksi-aksi protes.
XS
SM
MD
LG