Tautan-tautan Akses

“Demolition Derby”, Saat Tabrakan Mobil Jadi Sebuah Atraksi


Sebuah pertunjukan Demolition Derby dalam Firemen's Festival di Greenwhich, Ohio.

Sebuah pertunjukan Demolition Derby dalam Firemen's Festival di Greenwhich, Ohio.

Di Amerika, atraksi yang menghadirkan suara bising dan bau kendaraan bermotor ini sangat populer dan memiliki jadwal keliling teratur.

Sesuatu yang mengerikan bila terjadi di jalan, justru menjadi hiburan di arena festival. Inilah "Demolition Derby."

Pertunjukan ini sangat populer di festival-festival rakyat, dan menarik banyak orang yang tak sungkan mengeluarkan uang untuk menonton. Di Amerika, terutama di daerah Midwest, pertunjukan yang menghadirkan suara bising dan bau kendaraan bermotor ini bahkan memiliki jadwal keliling teratur yang artinya berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain.

Salah satu mobil peserta "Demolition Derby".

Salah satu mobil peserta "Demolition Derby".

Suara keras itu berasal dari mobil-mobil tua yang sudah dipreteli sebagian, dan dilengkapi mesin-mesin yang menderu keras. Di stadion atau arena rodeo, mobil-mobil itu saling menabrak. Bau yang muncul berasal dari minyak atau cairan transmisi yang terbakar, yang keluar dari mobil-mobil yang dirusak itu.

Peraturan Demolition Derby itu sederhana. Yang menang dari pertunjukan ini adalah mobil yang terakhir masih bisa berjalan. Ketika petugas mengibarkan bendera sebagai tanda dimulainya atraksi itu, setiap mobil bergerak mundur untuk kemudian saling menabrakkan diri, atau berusaha menghindari serangan mobil lain.

Perhatikan, istilah yang dipakai adalah backing into each other, atau menabrakkan mobil satu sama lain dengan berjalan mundur. 80 persen dari gerakan mobil-mobil yang saling bertabrakan itu mundur. Para pengendara, baik pria maupun perempuan harus melihat ke belakang ketika mereka mencari mobil lawan untuk ditabrak. Mobil-mobil itu digerakkan mundur, karena bagian mobil yang paling rawan, yakni mesin dan radiator, terletak di bagian depan.

Salah satu mobil peserta "Demolition Derby".

Salah satu mobil peserta "Demolition Derby".

Tangki bensin dan aki mobil dipindahkan ke kursi belakang yang lebih aman. Pintu-pintu mobil lebih diperkokoh sehingga tidak mudah terbuka. Kaca mobil dilepas supaya tidak ada pecahan kaca yang dapat melukai pengendara.

Mobil-mobil yang digunakan itu adalah mobil-mobil tua rongsokan yang tidak diijinkan berjalan di jalan raya.

Hadiah uang bagi pemenang lumayan, mungkin 1.000 dolar, cukup untuk membeli mobil tua untuk diikutkan dalam Demolition Derby berikutnya.

Sebagian pengendara menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyiapkan mobil yang hanya akan bertahan 10 menit di arena sebelum dirusak. Mereka biasanya menyelamatkan onderdil, termasuk mesin, sebelum membuang sisanya.

Apa yang menarik dari atraksi Demolition Derby ini? Para pengendara mobil dalam atraksi itu dan juga penggemar, mengatakan atraksi ini mendebarkan, dan arena itu merupakan satu-satunya tempat di mana para pengendara dapat menghancurkan sama sekali mobil-mobil di sekitar mereka dan tidak ditangkap oleh polisi.

XS
SM
MD
LG