Tautan-tautan Akses

Demo Ratusan Ribu di Seoul Tuntut Peletakan Jabatan Presiden


Demonstran Korea Selatan membawa poster saat berdemo menuntut Presiden Korea Selatan Park Geun-hye turun di Seoul, Korea Selatan, Sabtu, 25 November 2016.

Ratusan ribu orang berdemonstrasi di Seoul sampai Sabtu malam yang sebegitu jauh merupakan protes terbesar menuntut penggulingan Presiden Park Geun-hye.

Untuk lima akhir pekan berturut-turut, massa menduduki jalan-jalan utama di tengah kota Seoul karena skandal korupsi yang mulai terungkap tahun ini.

Kepolisian mengatakan kira-kira 270 ribu orang berdemonstrasi hari Sabtu, tetapi menurut taksiran para aktivis massa kira-kira 1,5 juta orang.

Kira-kira 25 ribu orang polisi dikerahkan untuk menghadapi kemungkinan kekerasan, dan untuk mencegah demonstran berpawai ke dalam Rumah Biru, istana kepresidenan di mana Park tinggal.

Dia dicurigai membantu teman lamanya, Choi Soon-sil, yang dituduh memanipulasi urusan pemerintahan dan memeras perusahaan-perusahaan untuk menimbun kekayaan dengan tidak sah.

Choi dituduh mempunyai pengaruh seperti seorang “pemimpin aliran kepercayaan” atas Park dan menguasai stafnya, walaupun Choi tidak mempunyai jabatan resmi pemerintahan.

Choi sedang diselidiki atas penggunaan hubungan pribadinya dengan presiden untuk memaksa perusahaan-perusahaan besar menyumbang lebih dari $ 68 juta kepada dua yayasan olah-raga, dan menyalurkan banyak dari dana itu ke perusahaan-perusahaan pribadinya.

Kejaksaan yang menyelidiki kasus itu telah mendakwa Choi dan sedang berusaha menanyai Park mengenai peranannya dalam skandal itu. [gp]

XS
SM
MD
LG