Tautan-tautan Akses

Demo di Kairo, Serukan Presiden Morsi untuk Mundur


Warga Kairo menyerukan yel-yel menentang kepemimpinan Presiden Mohamed Mursi dalam aksi demo di Lapangan Tahrir, Kairo (30/6).

Warga Kairo menyerukan yel-yel menentang kepemimpinan Presiden Mohamed Mursi dalam aksi demo di Lapangan Tahrir, Kairo (30/6).

Massa dalam jumlah besar berkumpul di Kairo untuk melangsungkan demonstrasi massal yang menyerukan agar President Mohamed Morsi mundur.

Mereka yang mengatur demonstrasi itu hari Sabtu mengklaim lebih dari 22 juta orang telah menandatangani petisi menuntut pengunduran diri Morsi, dengan menyatakan jumlah itu menunjukkan besarnya penolakan rakyat terhadap kepemimpinannya.

Ribuan orang mulai berkumpul Sabtu malam di Lapangan Tahrir Kairo menjelang demonstrasi yang direncanakan itu.

Sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas – termasuk seorang warga Amerika – dan ratusan lainnya luka-luka dalam bentrokan antara pendukung dan penentang Morsi sepanjang pekan lalu.

Sabtu pagi Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika memperhatikan peningkatan kerusuhan politik di Mesir dengan seksama. Dalam konferensi pers bersama Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma di Pretoria, Presiden Obama mengatakan Amerika mendukung cara-cara damai untuk melakukan perubahan di Mesir.
XS
SM
MD
LG