Tautan-tautan Akses

Demo Anti-Jepang di Tiongkok Menyebar ke 20 Kota Lebih


Para demonstran Tiongkok meneriakkan semboyan kemarahan anti Jepang sambil mengibarkan bendera nasional Tiongkok.

Para demonstran Tiongkok meneriakkan semboyan kemarahan anti Jepang sambil mengibarkan bendera nasional Tiongkok.

Demonstran Tiongkok meneriakkan semboyan kemarahan anti Jepang, bahkan di beberapa kota terjadi perusakan kendaraan-kendaraan buatan Jepang.

Demonstrasi anti-Jepang telah menyebar ke lebih 20 kota di Tiongkok hari Minggu, sementara Tokyo menolak tentangan Tiongkok terhadap para aktivis Jepang yang mendarat di kepulauan yang disengketakan di Laut China Timur itu.

Demonstran Tiongkok mengibarkan bendera nasional dan meneriakkan semboyan kemarahan sementara mereka memrotes penangkapan para aktivis Tiongkok yang mendarat pekan lalu di kepulauan yang bernama Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok. Di beberapa kota, pemrotes merusak kendaraan-kendaraan buatan Jepang dan bentrok dengan polisi yang berusaha membendung mereka.

Sebelumnya hari Minggu, sekelompok aktivis Jepang, termasuk anggota DPR setempat, berenang ke pantai dan membentangkan bendera Jepang di salah satu pulau yang disengketakan setelah sekawanan kapal yang membawa kira-kira 150 orang berlayar ke kepulauan yang disengketakan itu.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengeluarkan protes yang kuat menentang pendaratan itu. Dutabesar Jepang untuk Tiongkok Uichiro Niwa menolak protes tersebut dan mendesak Beijing agar melindungi harta-benda Jepang di kota-kota Tiongkok terhadap vandalisme.

Baik Tiongkok maupun Jepang mengklaim kedaulatan atas kepulauan yang tak berpenduduk di wilayah yang kemungkinan kaya sumberdaya alam itu.

Taiwan juga mengklaim wilayah maritim itu dan kementerian luar negerinya memrotes aktivis Jepang yang mendarat disana hari Minggu.
XS
SM
MD
LG