Tautan-tautan Akses

Delegasi Senator Amerika Kunjungi Tiongkok

  • Stephanie Ho

Ketua Mayoritas Senat Amerika Harry Reid (kiri) berbicara dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan (kanan) dalam pertemuan di Beijing, Kamis (21/4).

Ketua Mayoritas Senat Amerika Harry Reid (kiri) berbicara dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Wang Qishan (kanan) dalam pertemuan di Beijing, Kamis (21/4).

Delegasi terbesar senator Amerika yang pernah berkunjung ke Tiongkok bertemu dengan para petinggi negara itu di Beijing.

Ketua Mayoritas Senat Harry Reid memimpin delegasi yang terdiri dari sembilan senator lainnya. Delegasi tersebut bertemu pada hari Kamis di Beijing dengan Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Ketua Parlemen Tiongkok, Wu Bangguo.

Beberapa rincian agenda pertemuan sudah diketahui, tetapi yang pasti, hubungan ekonomi merupakan salah satu agenda utama pembicaraan. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hong Lei, menekankan bahwa hubungan baik Tiongkok-Amerika lebih penting dari sebelumnya.

Hong mengatakan hubungan ekonomi Tiongkok-Amerika telah jauh melebihi hubungan kedua negara dan sekarang bahkan berdampak global.

Isu lain yang diperkirakan juga dibahas adalah HAM, dengan penekanan pada keprihatinan Amerika mengenai tindakan kekerasan Tiongkok terhadap para pembangkang politik. Hong Lei mengakui bahwa Tiongkok dan Amerika memang punya banyak perbedaan, walaupun ia tidak menyebut isu hak asasi manusia.

Hong mengatakan kedua negara punya perbedaan historis dan budaya dan juga berada pada tahap pembangunan ekonomi yang berbeda. Ia mendesak Amerika agar memperkuat hubungan, meningkatkan pemahamannya mengenai Tiongkok dan menahan diri dari mempolitisasi isu-isu ekonomi.

Delegasi Amerika pada hari Rabu bertemu para pemimpin Tiongkok, termasuk Wakil Perdana Menteri Wang Qishan dan Kepala Bank Sentral, Zhou Xiaochun. Mereka juga bertemu Duta Besar Amerika Jon Huntsman, yang akan selesai masa tugasnya akhir bulan ini.

Para senator Amerika tersebut juga akan mengunjungi proyek-proyek energi ramah lingkungan di Chengdu dan Xi’an.

XS
SM
MD
LG