Tautan-tautan Akses

Delegasi Presiden China Selundupkan Gading dari Tanzania


Gading gajah yang akan dimusnahkan nampak dipajang di sebuah pusat pengolahan sampah di Hong Kong (Foto: dok).

Gading gajah yang akan dimusnahkan nampak dipajang di sebuah pusat pengolahan sampah di Hong Kong (Foto: dok).

Dinas Investigasi Lingkungan (EIA) mengungkapkan, delegasi China menyelundupkan gading-gading gajah ke luar Tanzania dalam karung-karung diplomatik pesawat terbang Presiden Xi Jinping dalam kunjungan bulan Maret 2013.

Sebuah laporan baru mengklaim, sebuah delegasi Presiden China, Xi Jinping, secara ilegal membeli ribuan kilogram gading gajah selama kunjungan mereka ke Tanzania tahun 2013.

Tuduhan itu dilontarkan hari Kamis (6/11) dalam sebuah laporan Dinas Investigasi Lingkungan (EIA) yang menyebutkan permintaan China terhadap gading gajah telah merusak populasi gajah Tanzania.

EIA mengungkapkan, delegasi China tadi memanfaatkan kunjungan bulan Maret 2013 itu untuk menyelundupkan gading-gading gajah ke luar Tanzania dalam karung-karung diplomatik pesawat terbang Presiden Xi.

Laporan yang diterbitkan oleh LSM yang berbasis di Inggris itu mengutip pernyataan dari para penyelundup di Dar es Salaam, yang mengutarakan, pembelian gading-gading tadi mengakibatkan harga-harga gading lokal menjadi ganda.

Ditambahkan, staf diplomatik dan militer, bersama-sama para pengusaha China, di masa lalu, senantiasa menggunakan kunjungan-kunjungan semacam itu untuk membeli gading dalam jumlah besar. China tidak menanggapi tuduhan-tuduhan tersebut, tetapi, di masa lalu, mengambil segala tindakan untuk mencegah perburuan margasatwa gelap.

XS
SM
MD
LG