Tautan-tautan Akses

Delegasi India Kunjungi Kashmir untuk Perundingan Akhiri Kekerasan


PM India Manmohan Singh

PM India Manmohan Singh

Para anggota delegasi dijadwalkan bertemu dengan para politisi Kashmir untuk mencari cara mengakhiri kekerasan yang telah melanda kawasan ini.

Sebuah delegasi anggota parlemen India, yang berusaha meredakan kerusuhan maut di kalangan penduduk yang telah berlangsung selama berbulan-bulan di Kashmir, telah tiba di wilayah pegunungan Himalaya itu.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri P. Chidambaram, yang tiba di kota utama Srinagar, Kashmir, persinggahan pertama dalam lawasatn dua hari itu.

Para anggota parlemen tersebut dijadwalkan bertemu dengan para politisi Kashmir dan berbagai kelompok untuk mencari cara mengakhiri kekerasan yang telah melanda kawasan ini. Pemimpin utama kelompok separatis Kashmir Syed Ali Geelani dan para pemimpin separatis lainnya, telah mengatakan tidak akan bertemu dengan delegasi tersebut. PM India Manmohan Singh menuduh kelompok separatis Kashmir telah mengatur dan menyulut sejumlah kerusuhan.

PM Siingh telah menyerukan dilakukannya dialog di kalangan semua partai untuk menenangkan wilayah mayoritas Muslim itu. Lebih dari 100 orang telah tewas sejak protes-protes kelompok separatis merebak di kawasan itu bulan Juni lalu.

XS
SM
MD
LG