Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil Bicara di PBB, Delegasi Amerika Latin 'Walk Out'


Presiden Brazil Michel Temer berpidato di sidang Majelis Umum PBB, Selasa (20/9).

Presiden Brazil Michel Temer berpidato di sidang Majelis Umum PBB, Selasa (20/9).

Delegasi Venezuela, Kuba, Bolivia, Ekuador dan Nikaragua meninggalkan ruang sidang ketika Presiden Brazil Michel Temer bicara di sidang Majelis Umum PBB, Selasa (20/9).

Mengacu kepada perpecahan politik di Amerika Latin, delegasi Venezuela, Kuba, Bolivia, Ekuador dan Nikaragua meninggalkan ruang sidang ketika Presiden Brazil Michel Temer bicara di sidang Majelis Umum PBB.

Duta Besar Venezuela Untuk PBB Rafael Ramirez mengatakan kepada Associated Press bahwa Temer adalah “presiden tidak sah yang merupakan produk kudeta. Kami tidak mengakuinya”.

Diplomat Ekuador Carola Iniguez mengatakan delegasi negaranya meninggalkan sidang “untuk memprotes situasi politik di Brazil”.

Temer menjadi presiden Brazil setelah pemakzulan Dilma Rousseff oleh Senat terkait tuduhan kesalahan pengelolaan fiskal.

Dalam pidatonya, Temer membela proses pemakzulan itu dan berkeras bahwa hal itu merupakan contoh demokrasi. Ditambahkannya, “pemakzulan seorang presiden jelas bukan urusan sepele dalam rejim demokratis. Tetapi tidak ada demokrasi tanpa aturan hukum, tanpa aturan yang diberlakukan pada semua orang, termasuk yang paling berkuasa sekali pun. Ini yang ingin ditunjukkan Brazil pada dunia”. [em]

XS
SM
MD
LG