Tautan-tautan Akses

Delapan Tewas dalam Kekerasan Semasa Pemilu Turki


Pemilu di Turki

Pemilu di Turki

Delapan orang tewas hari Minggu dalam bentrokan selama berlangsungnya pemilu lokal di Turki.

Pemungutan suara berlangsung damai di sebagian besar wilayah Turki. Tetapi bentrokan berkobar di dua desa dekat perbatasan tenggara Turki dengan Suriah. Sekitar 13 orang dikabarkan luka-luka dalam baku tembak.

Pemungutan suara itu dianggap luas sebagai referendum bagi Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan partainya, Partai AK, yang berkuasa. Ia berjuang menghadapi skandal korupsi yang telah memaksa pengunduran diri beberapa menteri di kabinetnya.
Setelah memberikan suara di Istambul, Erdogan mengatakan pemilu lebih penting daripada protes di jalan-jalan menentang pemerintahannya.

Perdana menteri memblokir akses ke Twitter dan YouTube setelah serentetan penyadapan dan media sosial memaparkan korupsi dalam pemerintah Turki.
Kelompok-kelompok HAM dan sekutu-sekutu Turki di NATO secara luas telah mengecam Erdogan karena memblokir akses ke Internet.

Pemilu hari Minggu merupakan yang pertama sejak protes-protes antipemerintah meluas tahun lalu, yang memicu bentrokan berpekan-pekan yang menewaskan delapan orang dan melukai ribuan lainnya.

Meskipun menghadapi berbagai tantangan belakangan ini, ia mengatakan berharap Partai AK akan menang dalam pemilu.

Lima puluh juta orang diperkirakan akan memberikan suara dalam pemilu lokal yang diamati oleh sejumlah besar pemantau pemilu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG