Tautan-tautan Akses

8 Perempuan India Meninggal Dunia, 20 Jatuh Sakit Setelah Jalani Sterilisasi


Peta wilayah negara bagian Chhattisgarh di India.

Peta wilayah negara bagian Chhattisgarh di India.

Negara bagian Chhattisgarh, di India tengah, telah mencabut izin praktek tiga dokter yang melakukan operasi terhadap total 83 perempuan, hari Sabtu (8/11).

Delapan wanita meninggal dunia dan lebih dari 20 lainnya sakit parah setelah menjalani operasi sterilisasi di sebuah klinik pemerintah.

Negara bagian Chhattisgarh, di India tengah, telah mencabut izin praktek tiga dokter yang melakukan operasi terhadap total 83 perempuan, hari Sabtu.

Pasien-pasien itu dipulangkan ke rumah Sabtu malam setelah operasi, tetapi beberapa orang masuk rumah sakit lagi di distrik Bilaspur setelah jatuh sakit. Deputi direktur pelayanan kesehatan negara bagian Chhattisgarh, Dr. Amar Singh, mengatakan otopsi sedang dilaksanakan.

Pemerintah India yang telah lama prihatin dengan pertumbuhan cepat penduduk di negara yang berpenduduk mencapai 1,3milyar orang itu, memberikan operasi sterilisasi gratis kepada ibu-ibu yang ingin menghindari kehamilan.

Dalam banyak kasus, perempuan-perempuan itu diberi insentif uang sekali untuk menjalani operasi tersebut. Ratusan ribu orang India hidup dalam kemiskinan.

XS
SM
MD
LG