Tautan-tautan Akses

18 Tewas dalam Serangan Bom Mobil di Turki Tenggara


Sebuah ambulan dengan prajurit dan warga sipil yang terluka tiba di rumah sakit di Semdinli dekat perbatasan Iraq-Turki (9/10). (foto: DHA via AP)

Sebuah ambulan dengan prajurit dan warga sipil yang terluka tiba di rumah sakit di Semdinli dekat perbatasan Iraq-Turki (9/10). (foto: DHA via AP)

Tersangka militan Kurdi meledakkan bom mobil di pos pemeriksaan militer di Provinsi Hakkari, Turki Tenggara yang menewaskan sepuluh tentara Turki dan delapan warga sipil.

Sepuluh tentara Turki dan delapan warga sipil tewas hari Minggu, sewaktu tersangka militan Kurdi meledakkan sebuah bom mobil di luar sebuah pos pemeriksaan militer di Provinsi Hakkari, Turki Tenggara.

Dua puluh enam orang lainnya, terdiri dari 10 tentara dan 16 warga sipil, cedera.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyalahkan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) atas serangan bunuh diri dengan lima ton bahan peledak itu.

Serangan menjelang siang itu terjadi sewaktu sebuah truk kecil mendekati kendaraan di pos perbatasan dan mengabaikan perintah untuk berhenti, yang mendorong tentara melepaskan tembakan, kata pihak berwenang.

Ledakan itu menimbulkan lubang selebar 15 meter dan sedalam 7 meter.

Turki meluncurkan operasi militer sebagai respons atas serangan tersebut.

Pihak berwenang Turki memberlakukan sensor sementara terhadap berita-berita mengenai serangan itu, dengan menyebut alasan demi ketertiban umum dan keamanan nasional. [uh]

XS
SM
MD
LG